Bahaya Makanan Dalam Jajanan

Makanan adalah zat yang dibutuhkan tubuh, untuk tumbuh dan berkembang. Semakin bagus mutu makanan yang dikonsumsi, maka semakin  baik petumbuhan tubuh seseorang.

Bicara tentang makanan, terutama jajanan yang sering kita nikmati, ada beberapa hal yang harus kita tahu. Hal itu adalah bahaya dari makanan (jajanan), yang bisa disebabkan banyak hal. Untuk kita tahu, sumber berbahaya dalam makanan kita, bersumber dari tiga unsur, yaitu: unsur fisik, kimia, dan biologis. Untuk lebih jelas, saya akan bahas satu per satu, ya.
  1. Unsur Fisik
    Kalau kita jajan di sekolah atau dirumah, tidak jarang kita menemukan potongan rambut, kerikil, atau plastik, dalam jajanan kita. Kalau hal seperti ini terjadi, pasti mengganggu. Bahayanya lagi, bisa menimbulkan tersedak, tercekiki, atau bahaya lain. Mungkin, kejadian ini disebabkan karena ketidaksengajaan. Namun, harus tetap dihindari. Karena, bahaya logam, plastik, dan sebagainya mengandung molekul yang berbahaya, untuk tubuh.
     
  2. Unsur Kimia
    Unsur kimia banyak dicampurkan dalam makanan. Seperti yang tahu, hampir semua makanan (jajanan) mengandung BPT atau Bahan Pangan Tambahan. BPT sendiri ditambahkan dalam bahan makanan dengan tujuan sebagai pemanis, penyedap, pengawet, penambah aroma, dam membuat makanan lebih renyah. BPT yang digunanakan, seringkali berupa bahan kimia yang membahayakan tubuh. Bahkan dalam penggunaan yang terus-menerus dan jumlah banyak, bisa menyebabkan kanker, lho. Selain itu,  juga penyakit berbahaya lainnya.

  3. Unsur Biologis
    Unsur ini berasal dari mikroba. Mikroba disebut juga bakteri (mikroba sel tunggal). Bakteri itu bisa berada di mana-mana, lho. Bisa di udara, air, tanah, tanaman, dan binatang, dengan sifat khasnya, yaitu merusak (menimbulkan pembusukan). Beberapa mikroba yang baik, bisa digunakan campuran pembuatan kecap, yogurt, tempe, dan bahan makanan basah lain.
Byuh...byuh, pusing dong, kalau jajanan di sekitar kita bisa membahayakan tubuh.  Makanya kita jangan jajan sembarangan, ya...

Eits, sebaiknya kita memang harus waspada dan  berhati-hati dalam memilih jajanan. Karenanya, ayo kita jaga kesehatan dengan memilih dan mengolah makanan, dengan benar. Jangan jajan sembarangan, ya.


(Berbagai Sumber)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

komentar
19 March 2015 at 20:30 delete

okok gan. makasih sudah berkunjung.

Reply
avatar