SIR HENRY BESSEMER Penemu Proses Pembuatan Baja



Sir Henry Bessemer adalah seorang penemu asal Inggris. Salah satupenemuan terbesarnya adalah proses pembuatan baja bermutu tinggi secara besar-besaran dengan biaya murah. Penemuannya itu mampu mempercepat revolusi industri di Inggris, hingga disebut dengan proses Bessemer.


Bessemer lahir di Chariton, Hertfordshire, Inggris pada 19 Januari 1813. Meski tidak pernah bersekolah, namun ia sangat berbakat dibidang mekanik. Ia belajar dari ayahnya, yang merupakan seorang pengusaha huruf cetak.

Bessemer sering memperhatikan karyawan ayahnya yang mencetak timah menjadi huruf. Terkadang ia mengambil sisa-sisa timah, dibakarnya, lalu dicetak menjadi benda-benda seni dan patung.

Pada 1853 terjadi perang Krim. Dimana Rusia melawan Turki, Inggris dan Perancis. Saat itu, Bessemer yang bekerja untuk militer berhasil menemukan peluru meriam yang dapat berputar. Sayangnya, penemuan ini tidak dapat digunakan. Karena pada saat itu tidak ada meriam yang cukup kuat. Sebab belum ditemukan baja bermutu tinggi.

Bessemer bertekad menciptakan baja bermutu tinggi. Setelah perang selesai pada 1856, ia berhasil menemukan proses membuat baja bermutu tinggi. Saat itu, Bessemer membuat tungku setinggi enam meter. Pada bagian bawahnya terdapat lubang untuk memompa udara ke atas.

Besi panas yang cair, akan menjadi bersih setelah disemprot oksigen. Lalu dicampur dengan karbon dan mangan dalam dalam ukuran tertentu. Sehingga terbentuk baja bermutu tinggi. Berkat penemuan ini Bessemer menjadi kaya raya. Ia pun mampu membiayai sendiri penemuan lainnya. Sebelum meninggal dunia pada 15 Maret 1898 di London, Bessemer berhasil menemukan 114 jenis penemuan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »