Manfaat Enzim Ludah

Hiii, jangan bermain ludah begitu, jijik! Ya, terlihat menjijikan, kalau ludah dibuat main-main seperti itu. Apalagi, kalau diludahkan sembarangan tempat. Eits, itu tidak sopan.
 Ya, ya, tapi aku sangat bermanfaat bagi manusia, lho. Terutama dalam proses pencernaan makanan, sahut ludah. Ternyata, ludah senang dijadikan bahan tulisan kali ini.

Air ludah adalah enzim.
Ya, air ludah merupakan enzim yang dihasilkan oleh tubuh, saat proses makan. Tepatnya, ketika makanan diletakkan dalam mulut dan dikunyah. Enzim merupakan zat kimia khusus, yang menyebabkan reaksi kimia berlangsung lebih cepat. Fungsi utama air ludah adalah menghancurkan molekul-molekul zat tepung, menjadi molekul zat gula yang lebih kecil. Sesekali saat mengunyah nasi, rasakan perubahan nasi menjadi manis rasanya, setelah dikunyah beberapa lama. Nah, zat gula yang dihasilkan oleh semua sumber makanan ini kemudian diserap dalam usus, yang akan digunakan oleh sel-sel sebagai energi.

Waktu kerja air ludah.
“Aku hebat, ya!” gelak air ludah membanggakan diri. Iya deh, air ludah memang membantu melumatkan makanan, dalam mulut manusia. Bayangkan kalau tidak ada air ludah, mulut kita akan kering kerontang, bahkan terluka. Makanan yang kita makan, pertama masuk ke mulut yang kemudian menjadi halus karena dikunyah geligi kita, dengan dibantu oleh kelenjar ludah. Setelah halus, barulah dapat kita telan dengan cepat, melalui bagian bawah tekak dan tenggorokan. Walau begitu, air ludah memerlukan waktu saat bereaksi. Dibutuhkan waktu antara 30 detik sampai 10 menit, untuk melumatkan makanan. Tentu saja tergantung dari bahan makanan. Untuk melumatkan biskuit menjadi zat gula, hanya diperlukan waktu 30 detik saja.

“Oke, sudah tahu manfaatku, kan?” tanya air ludah sembari menjalankan tugasnya kembali. Membasuhi mulut agar tidak sampai kering dan terluka, serta menunggu makanan masuk dicicipi lezatnya. Hehehe.


(Berbagai Sumber)

Share this

Related Posts

First