WINDSURFING Selancar Angin

Olah raga ini lebih mendebarkan dibanding selancar biasa. Karena selain menggunakan papan selancar saat mengarungi ombak lautan, atletnya harus sekuat tenaga menyeimbangkan layar untuk mengatur arah angin yang kencang menghempas. Bagaimana awal mula olahraga ini diadakan? Yuk, simak sejarahnya.


SEJARAH 

Windsurfing merupakan olahraga air yang dihasilkan dari perpaduan dua olahraga ekstrim lainnya. Seperti Surfing dan Perahu Layar. karena perpaduan dua olahraga tadi, maka peralatan yang digunakan sang atlet selain papan seluncur, juga menggunakan layar dari kain terpal berbahan sintetis. layar ini biasanya digunakan diatas tiang perahu kayu. cuma yang membedakan papan seluncur surfiing dengan papan seluncur windsurfing adalah panjangnya. papan seluncur widsurfing lebih panjang dari papan seluncur surfing yaitu 4 meter.

Penemu olahraga ini adalah seorang atlet peselancar di California, AS. ia bernama Robby Naish. hingga sekarang Robby Naish diakui sebagai tokoh legendaris dunia.

PERKEMBANGAN
Sejak digemari pada tahun 1980 oleh atlet pecinta windsurfing. dan diperkiraka lebih dari sepuluh ribu (10.000) atlet pecinta olahraga ini, guys.. wah, banyak yaa. olahraga ini kemudian diorganisasikan dalam Olympic Sport tahun 1984. dan setiap tahunnya menggelar kejuaraan dunia windsurfing. Tahukah kalian apa hadiah yang diperebutkan oleh sang juara windsurfing saat melakoni kejuaraan windsurfing? Mereka mendapatkan trophy berupa miniatur perahu layar dan uang tunai sebesar Satu Juta Dollar.Hadiah tabungan yang fantastis, bukan?


(Berbagai Sumber)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »